Senin, 05 Mei 2014

Aspek Menyusun Tujuan dan Model Pembelajaran




A. Aspek- Aspek yang perlu diperhitungkan untuk menyusun tujuan pembelajaran.
a. Aspek input
1. Peserta didik
Dalam menyusun tujuan pembelajaran haruslah melihat karakteristik peserta didik apakah peserta didik itu akan mampu mencapai tujuan pembelajaran atau tidak. Jenjang pendidikan juga perlu diperhatikan dalam menyusun tujuan pembelajaran. Setiap peserta didik menempuh jenjang pendidikan yang berbeda, jadi tujuan pembelajarannya pun juga berbeda antara siswa SD, SMP, dan SMA. 


b. Aspek Proses
1. Kurikulum
Dalam menyusun tujuan pembelajaran haruslah berpedoman pada kurikulum agar
Tingkat kemampuan yang dicapai di setiap sekolah dan tingkatan jenjang pendidikan mempunyai kesamaan. Misal, Karena berpedoman pada kurikulum , pasti mempunyai kesamaan antara sekolah SMK A dan SMK B jika ditanya mata pelajaran yang di sampaikan pada kelas 1, 2 atau 3.
2. Evaluasi
Evalusi sangat menentukan dalam tujuan pembelajaran. Agar tahu seberapa besar  ketercapaian kemampuan peserta didik, maka evaluasi harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Tentunya teknik evaluasi yang baik harus melihat kurikulum terlebih dahulu, agar tahu ranah yang di ukur untuk setiap mata pelajaran.
B. Aspek- Aspek yang perlu diperhitungkan untuk menyusun metode/model pembelajaran.
a. Aspek input
1.      Peserta didik.
a.      Perbedaan jenjang pendidikan.
Dalam menyusun metode /model pembelajaran perbedaan jenjang pendidikan, latar belakang pendidikan, dan intelektualitas peserta didik sangat berpengaruh. 
Pemilihan suatu metode pembelajaran, harus menyesuaikan tingkatan jenjang pendidikan siswa. Semakin tinggi tingkatan berpikirnya, maka pemilihan metode pembelajaran yang diterapkan dapat semakin kompleks. Ini berkaitan dengan pemahaman siswa, pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya, serta kebutuhan akan aktualisasi diri yang bersifat lebih kompleks. 
Selanjutnya Latar belakang peserta didik dapat ditelusur dari keluarga, pola didik, pola asuh, kondisi-kondisi tertentuContoh, pemilihan metode pembelajaran bagi anak-anak sekolah luar biasa harus memberikan perlakuan khusus, sehingga metode pembelajaran yang digunakan akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan.
Pada bagian ini yang dimaksud dengan tingkat intelektualitas, mencakup gaya belajar dan daya serap peserta didik dalam mengolah informasi dan menyerap substansi pembelajaran yang dilakukan. 
b. Faktor guru.
Untuk menyusun metode pembelajaran, gurulah yang menjadi eksekutor. Guru yang melaksanakan metode pembelajaran yang akan digunakan. Sehingga guru dituntut untuk kompeten dalam hal materi yang akan disampaikan dan metode yang akan digunakan. 
b. Aspek proses
1.      Faktor dinamika kelas.
Dinamika kelas juga menentukan dalam menyusun metode pembelajaran. Jumlah peserta didik dan karakter kelas merupakan dua hal yang harus diperhitungkan.
Dalam kelas yang jumlah peserta didiknya melampau batas, guru akan kewalahan mengampu pembelajaran. Pencapaian tujuan belajar akan menjadi lebih sulit karena ketidakseimbangan antara porsi maksimal perhatian dan penanganan yang dapat diberikan guru. Dengan penggunaan metode yang tepat setiap peserta didik tidak luput dari perolehan peran dan porsi keterlibatan dalam pembelajaran. 
Pemilihan metode pembelajaran juga harus memperhatikan karakter kelas. 
Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui karakter kelas adalah dari sikap yang mencirikan (membedakan) kelas tersebut dengan kelas lainnya. 
2.      Faktor ketersediaan fasilitas pembelajaran.
Fasilitas pembelajaran berfungsi untuk memudahkan proses pembelajaran dan pemenuhan kebutuhan proses pembelajaran. Bagi sekolah yang telah memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap, ketersediaan fasilitas belajar bukan lagi suatu kendala. Untuk sekolah yang memiliki keterbatasan fasilitas dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran tercapai
3.      Faktor materi pembelajaran.
Hal yang perlu diperhatikan dalam materi pembelajaran adalah apa materinya seberapa banyak dan bagaimana tingkat kesulitan materi yang hendak dipelajari. Yang pertama Model pembelajaran harus melihat materi apa yang akan disampaikan.Misal, menyampaikan materi Praktik tentunya model pembelajarannya akan berbeda dengan materi teori. Kedua, Jika materi pelajaran yang disampaikan cukup banyak, maka harus perlu diperhitungkan metode pembelajaran apa yang tepat agar semua materi tersebut tersampaikan dan peserta didik dapat mengerti serta paham. Ketiga, Tingkat kesulitan juga diperhitungkan dalam menyusun model pembelajaran. Jika tingkatan materi lebih sulit, maka perlunya metode pembelajaran yang tepat agar materi yang sulit tersebut bisa dipahami oleh peserta didik.
4.      Faktor alokasi waktu pembelajaran.
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga harus memperhitungkan ketersediaan waktu. Rancangan belajar yang baik adalah penggunaan alokasi waktu yang dihitung secara terperinci, agar pembelajaran berjalan dengan dinamis, tidak ada waktu terbuang tanpa arti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spanyol Sebelum Dan Setelah Ditaklukkan Islam

Oleh: Hafidz Abdurrahman Sebelum ditaklukkan oleh Khilafah Islam, Spanyol mempunyai stuktur masyakarat yang komplek, dengan stratifikas...